31 Istilah Penting Web Hosting

31 istilah penting webhosting

Admin.

Penyedia layanan web hosting menyediakan berbagai macam pilihan paket hosting. Biasanya, akan ada satu tabel besar yang membandingkan fitur yang didukug oleh tiap paket hosting.

Banyak diantara istilah-istilah tersebut mungkin baru bagi anda. Tulisan ini mengajak anda untuk mengenal istilah-istilah yang berkaitan dengan web hosting.

Istilah Generik

1. Add On Domain / Multiple Domain

Tiap akun hosting memiliki minimal satu buah domain yang dikenal dengan main domain atau domain utama.

Add On domain merupakan jumlah domain tambahan yang bisa digunakan di satu akun hosting. Dalam daftar fitur paket hosting add on domain berisi angka.

Sebagai contoh, akun hosting saya menggunakan domain utama belajarcpanel.xyz. Apabila akun hostig yang saya miliki mendukung 5 add-on domain, maka saya bisa menambahkan 5 domain tambahan diakun tersebut misalnya tutcp.pw dsb.

Fitur ini penting anda perhatikan apabila anda berencana memiliki lebih dari satu website di akun yang sama.

2. Parked Domain

Parked domain mirip dengan add on domain, perbedaan nya kita tidak bisa setup website di domain yang kita daftarkan sebagai parked domain.

Lalu tujuannya apa menggunakan parked domain? kita bisa mendaftarkan domain-domain yang akan kita gunakan terlebih dahulu dan menambahkan di akun hosting kita sebagai parked domain. Setelah siap dengan website yang akan menggunakan domain tersebut kita bisa memindahkan ke Add-on domain.

Beberapa perusahaan webhosting memforward request ke parked domain di akun anda ke domain utama

3. Subdomain

Subdomain merupakan bagian dari salah satu domain yang anda miliki. Sebagai contoh, misal saya ingin membuat list testimoni untuk blog ini. Saya bisa membuatnya menjadi folder di belajarcpanel.xyz/testimoni. atau saya bisa membuat sub domain di testimoni.belajarcpanel.xyz.

Contoh lain adalah galeri foto yang bisa ditempatkan di gallery.belajarcpanel.xyz.

Untuk situs perusahaan, subdomain bisa digunakan untuk menempatkan situs spesifik untuk promosi misalnya, atau blog.

Subdomain merupakan website terpisah dari website yang digunakan oleh domain anda.

4. Bandwidth

Istilah bandwidth di dunia hosting sedikit berbeda dengan bandwidth yang digunakan oleh penyedia jasa layanan internet.

Istilah bandwidth disini adalah jumlah data yang bisa digunakan atau ditransfer oleh situs web kita. Ini termasuk transfer data ke situs web kita.

Contoh, paket hosting yang kita miliki menawarkan bandwidth 10 GB (10 giga bytes / 10.000 mega bytes), artinya semua situs web di akun hosting kita bisa mentransfer data hingga 10 GB.

Anda harus ingat bahwa transfer data ke server juga dihitung sebagai penggunaan bandwidth, misalnya ketika anda mengunggah gambar atau file ke website.

Berapa banyak bandwidth yang situs anda butuhkan? Hal ini tergantung pada tipe konten dan ukuran konten yang di situs anda. Misalnya kita menawarkan ebook berukuran 1 MB, dan kita estimasi ebooks tersebut akan diunduh oleh 9000 pengunjung per bulan, artinya kita membutuhkan bandwidth minimal 9GB.

5. Disk Space

Merupakan kapasitas ruang di dalam hard disk yang bisa anda gunakan diserver. Ini tidak terbatas pada file yang anda unggah atau file-file yang digunakan aplikasi web anda, database dan log files juga menggunakan disk space akun anda.

6. Secure Socket Layer (SSL)

SSL merupakan kependekan dari Secure Socket Layer yang juga dikenal dengan TLS (Transport Layer Security).

SSL digunakan untuk mengamankan transfer data dari pengunjung ke situs web anda dan sebaliknya, yang dikenal dengan istilah data on wire atau data in transit.

Penggunaan SSL memastikan data tidak ada orang yang bisa membaca data yang anda transfer dari dan ke website.

Ketika menggunakan SSL, alamat web anda akan menggunakan protokol https. Alamat web menjadi https://belajarcpanel.xyz dan bukan http://belajarcpanel.xyz.

Address bar web browser anda akan menampilkan gambar gembok disamping alamat situs web anda.

Sangat disarankan untuk menggunakan SSL / HTTPS untuk seluruh situs anda. Sebagai informasi, Google menjadikan https sebagai salah satu signal ranking untuk website.

SSL biasanya bukan bagian dari paket hosting, anda harus membeli sertifikat SSL secara terpisah, mulai dari harga 4 Dolar Amerika.

Untuk Sertifikat gratis anda bisa mencoba Let’s Encrypt.

7. Dedicated IP

Tiap server hosting memiliki satu atau lebih IP publik. IP publik adalah alamat IP yang dapat dikenali oleh siapapun di internet. Dedicated IP merupakan layanan tambahan dimana anda akan memiliki IP khusus di server shared hosting.

Dahulu dedicated IP merupakan syarat utama untuk bisa menggunakan Sertifikat SSL atau https di website anda. Webserver-webserver terbaru kebanyakan sudah mendukung fitur SNI (Server Name Indication) yang membuat banyak alamat domain bisa menggunakan alamat IP publik yang sama di server.

Perlu anda ketahui bahwa SNI ini tidak didukung di web browser versi lama, salah satu yang terkenal dan seharusnya sudah jarang digunakan adalah IE 6 atau 7 di Windows XP

Alasan lain penggunaan dedicated IP adalah agar email yang dikirim dari server lebih jarang ditandai sebagai spam karena IP Publik hanya anda gunakan sendiri. Saran saya, apabila anda mengirimkan banyak email ke pelanggan gunakan layanan transactional email dan jangan mengirimkan email langsung dari server.

Alasan yang bisa diterima untuk menggunakan dedicated IP adalah apabila aplikasi web yang anda gunakan mensyaratkan penggunaan dedicated IP. Namun, apabila aplikasi web anda mensyaratkan penggunaan IP publik mungkin anda harus mempertimbangkan untuk menggunakan VPS hosting / cloud hosting dan tentu mengevaluasi apakah aplikasi tersebut sudah didesain dengan baik sehingga membutuhkan dedicated IP

8. Uptime

Uptime menggambarkan jumlah waktu server dapat digunakan dan diakses tanpa ada interupsi atau gangguan dalam periode waktu tertentu.

Apabila server tidak bisa digunakan atau diakses maka situs web anda juga tidak bisa diakses oleh pengguna.

Uptime ini biasanya dinyatakan dalam persentase, misalnya 99,99%. Dengan uptime 99.99% perusahaan webhosting menyatakan bahwa layanan ada kemungkinan tidak tersedia selama 52,56 menit per tahun. Hampir satu jam? Betul, tapi per tahun.

Satu jam tidak bisa diakses pada jam rendah kunjungan ke situs anda mungkin tidak begitu bermasalah tetapi apabila kebetulan pada jam sibuk itu jadi masalah tersendiri.

Mencari penyedia layanan hosting dengan uptime yang tinggi merupakan salah satu hal yang perlu diperhatikan

9. .htaccess

.htaccess adalah konfigurasi webserver Apache httpd. File ini diletakkan difolder yang berisi file-file aplikasi web yang akan dijalankan oleh Apache webserver. Apabila file ini ada difolder maka file ini akan dibaca dan dijalankan oleh Apache.

Salah satu contoh penggunaan .htaccess yang paling banyak digunakan adalah untuk mempercantik tautan posting WordPress dan aplikasi web lainnya. Sebagai contoh dari link https://belajarcpanel.xyz/index.php=?p=2 menjadi https://belajarcpanel.xyz/ihwal/.

.htaccess ini juga bisa digunakan untuk menimpa atau menambah konfigurasi Apache Web Server spesifik untuk folder tertentu yang dibaca oleh Apache. Salah satu contoh adalah anda bisa membuat list folder tersebut dapat diakses dari alamat IP mana saja.

10. FTP (File Transfer Protocol)

FTP merupakan sebuah protokol internet yang ditujukan untuk transfer file dari desktop ke server dan sebaliknya. Paket web hosting biasanya memiliki file manager berbasis web didalam control panel. Apabila anda hanya butuh meng-upload satu atau dua file dengan beberapa direktori, meng-upload menggunakan file manager cukup mudah.

Namun, apabila anda meng-upload puluhan bahkan ratusan file dengan banyak direktori dan sub-direktori, upload menggunakan FTP akan lebih mudah. Kenapa? karena anda cukup drag and drop di aplikasi klien FTP yang anda gunakan.

Salah satu aplikasi klien FTP open source yang banyak digunakan adalah FileZilla

11. SSH (Secure Shell)

Secure shell adalah cara untuk login secara remote ke system server hosting. Layanan ini hanya tersedia untuk hosting yang menggunakan sistem operasi Linux.

Memiliki akses SSH memudahkan administrasi file dan beberapa hal lain yang berkaitan dengan webhosting, tetapi anda harus mengetahui perintah-perintah di shell Linux.

Beberapa perusahaan webhosting mensyaratkan anda untuk mengirimkan scan kartu identitas sebelum fitur ini diaktifkan, hal ini untuk mengurangi penyalahgunaan akses shell di server hosting.

Istilah Email

12. Auto Responder

Auto responder adalah fitur email server yang akan membalas email secara otomatis ketika ada email masuk. Biasanya digunakan untuk menginformasikan kepada pengirim bahwa kita sedang cuti atau berlibur.

13. Catch All

Catch all adalah fitur email server yang akan menerima email apapun yang diterima meskipun tidak ada user atau alamat email yang dituju didomain tersebut. Email-email ini akan masuk ke alamat email tertentu yang kita set sebelumnya.

14. IMAP

IMAP merupakan kependekan dari Internet Message Access Protocol. IMAP memungkinkan anda mengambil email dari server tanpa menghapus dari server. Bermanfaat dan dibutuhkan apabila anda mengakses email dari beberapa device. Email terkirim juga akan disimpan di server sehingga anda bisa melihat email terkirim dari beberapa device.

15. POP 3

Post Office Protocol 3 merupakan protokol internet yang digunakan oleh aplikasi klien email untuk mengambil email dari internet. Berbeda dengan IMAP, POP 3 akan mengambil email secara utuh dari server. Kita bisa mengeset email klien untuk meninggalkan email di server sehingga kita bisa mengambil email dari beberapa device.

16. SMTP

Simple Mail Transfer Protocol merupakan protokol yang digunakan untuk mengirim / menerima server antar server. Anda bisa mengirimkan email melalui server smtp server hosting. Beberapa ISP mengharuskan kita untuk mengirimkan email melalui server SMTP milik ISP.

17. Spam Filtering

Spam filtering merupakan fitur email yang akan membantu anda menyaring email spam / bulk atau email-email sampah yang masuk sebelum masuk ke dalam inbox kita.

18. Webmail

Webmail merupakan aplikasi web yang memungkinkan kita mengakses email kita dari web. Anda hanya membutuhkan web browser untuk bisa mengakses email anda dari komputer dan device apa saja.

19. Email Account

Akun email yang bisa anda buat di akun hosting anda. Biasanya layanan webhosting akan membatasi jumlah akun email yang bisa anda buat di akun hosting anda.

20. Email Forwarding

Layanan ini digunakan untuk meneruskan email yang diterima oleh akun email di akun hosting anda. Kita bisa meneruskan email di domain kita ke akun email kita di gmail.com atau yahoo.com

21. Mailing List

Mailing list merupakan alamat email yang berupa group. Kita bisa menggunakan alamat seperti [email protected] atau [email protected], apabila ada email masuk ke alamat ini akan diteruskan ke anggota-anggota dari mailing list / group tersebut.

Bahasa Pemrograman

Anda mungkin sudah memiliki aplikasi web yang akan anda install di akun hosting anda. Cek aplikasi web tersebut dibuat dengan bahasa apa dan pastikan layanan hosting anda mendukung bahasa pemrograman tersebut.

22. PHP

PHP merupakan kependekan dari PHP: Hypertext Preprocessor. Bahasa pemrograman skripting yang banyak digunakan untuk mengembangkan aplikasi web. WordPress merupakan salah satu aplikasi web terkenal yang dikembangkan menggunakan PHP.

23. Perl

Perl merupkan bahasa pemrograman skripting yang digunakan untuk mengembangkan aplikasi web. Merupakan bahasa pemrograman yang paling awal banyak digunakan untuk membuat aplikasi-aplikasi web diawal kemunculan web, biasa digabungkan dengan CGI menjadi CGI/Perl

24. Ruby on Rails

Ruby merupakan bahasa pemrograman skripting. Banyak digunakan untuk mengembangkan aplikasi web sejak ada framework pengembangan website Ruby On Rails yang juga dikenal dengan Rails.

25. Python

Python merupakan bahasa pemrograman skripting generik. Banyak digunakan oleh pemrogram pemula karena mudah dipelajari tapi juga memiliki dukungan pustaka yang lengkap sehingga bisa digunakan untuk mengembangan aplikasi yang kompleks.

26. CGI

CGI merupakan kependekan dari Common Gateway Interface. CGI merupakan standard cara interaksi web server dengan aplikasi yang menghasilkan halaman web secara dinamis yang sering juga disebut skrip CGI karena biasanya aplikasi yang menghasilkan halaman web dinamis menggunakan bahasa pemrograman skripting seperti perl atau python.

Database

27. MySQL

MySQL merupakan database relasional / RDBMS open source yang paling banyak digunakan untuk aplikasi web. Sebagian besar aplikasi web open source seperti WordPress menggunakan MySQL sebagai database default.

28. PostgreSQL

PostgreSQL adalah database relational open source yang memiliki dukungan transaksi lebih baik. Beberapa aplikasi web open source mendukung postgreSQL selain MySQL. Sebagian besar aplikasi web enterprise seperti ERP, CRM, POS juga menggunakan PostgreSQL, bahkan sebagai database default atau yang direkomendasikan.

Manajemen Database

29. PHPMyAdmin

PHPMyAdmin merupakan aplikasi web yang bisa digunakan untuk mengelola database MySQL. Aplikasi ini biasanya sudah di install oleh penyedia layanan hosting dan bisa anda pilih dari cPanel.

30. PHPPgAdmin

PHPPgAdmin merupakan aplikasi web yang bisa digunakan untuk mengelola database PostgreSQL. Aplikasi ini biasanya sudah di install oleh penyedia layanan webhosting dan bisa anda pilih dari cPanel.

Installer Skrip

Installer skrip memudahkan kita melakukan instalasi aplikasi web karena kita tidak perlu meng-upload skrip aplikasi, membuat database dan user database dan instalasi aplikasi web itu sendiri karena semua akan dilakukan oleh installer skrip. Kita hanya perlu memasukan informasi dasar seperti nama situs, deskripsi, dan alamat / domain yang akan digunakan.

31. Fantastico

Fantastico merupakan aplikasi web didalam cpanel yang melakukan otomatisasi instalasi aplikasi web seperti WordPress, Joomla, Drupal dan lain sebagainya. Berdasarkan informasi dari situs web Fantastico, 651 skrip atau aplikasi web dapat di install melalui Fantastico.

32. Softaculous

Softaculous merupakan installer skrip seperti Fantastico yang dapat membantu anda melakukan instalasi 401 skrip aplikasi dan 1115 library PHP.

Beberapa layanan hosting memberikan hanya salah satu installer skrip didalam cPanel, tetapi ada beberapa layanan hosting yang memberikan Fantastico dan Softaculous sekaligus didalam cPanel.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.